Amankan lensa kontak dipakai tidur?

 

Meskipun ada beberapa lensa kontak yang sudah disetujui oleh FDA (The Food and Drug Administration), namun tidak menggunakannya pada saat tidur adalah cara paling aman untuk menghindari kondisi yang serius. Penelitian menunjukkan bahwa infeksi meningkat 10-15% pada orang yang tidur dengan lensa kontak dibandingkan dengan mereka yang tidak menggunakannya saat tidur. Namun, ada beberapa lensa kontak yang lebih diaman digunakan saat tidur dibandingkan dengan yang lain. Lensa kontak yang bisa dibawa tidur sering digunakan untuk pemakaian dalam jangka panjang, dan beberapa lensa kontak tersebut sudah disetujui oleh FDA. Lensa kontak ini cenderung memilki selaput udara sehingga memiliki kandungan oksigen yang tinggi yang disalurkan ke kornea.

Lensa yang diperbolehkan untuk tidur

Produk Lensa Air Optix Night and Day diproduksi oleh Perusahaan Alcon dan pruduk lensa PureVision yang diproduksi oleh Bausch & Lomb diperbolehkan untuk dipakai selama 30 hari. Kedua jenis lensa kontak ini adalah lensa yang bisa dipakai dalam jangka waktu sebulan (monthly disposable lenses). Walaupun kedua jenis lensa ini diperbolehkan untuk dipakai saat tidur selama 30 hari, kebanyakan dokter lebih merekomendasikan kepada pasien untuk tidak menggunakannya saat tidur.

Lensa kontak Air Optix Aqua dari Alcon, Lensa kontak Biofinity dari CooperVision, dan Lensa kontak Acuvue Oasys dari Vistakon adalah semuanya telah diperbolehkan oleh FDA untuk pemakaian berturut-turut selama 6 malam sebelum lensa kontaknya harus dilepas selama semalaman. Lensa kontak ini merupakan pilihan yang baik untuk orang yang suka lupa melepas lensa kontak pada malam hari. Lensa kontak seperti ini tidak akan merepotkan anda jika anda harus berpergian, menginap di rumah teman, atau camping.

Ketiduran ketika masih memakai lensa kontak

JIka anda dengan tidak sengaja ketiduran dengan lensa kontak yang jenisnya tidak diperbolehkan untuk dibawa tidur, pastikan anda segera melepasnya pada pagi hari dan istirahatkanlah mata anda tanpa menggunakan lensa kontak selama seharian. Jika kontaknya masih fresh, berarti lensa kontak itu masih bisa dipergunakan setelah direndam dengan cairan solutions semalaman. Jika sudah kadaluarsa, anda harus membuang lensa kontak tersebut dan menggantinya dengan yang baru. Jika mata anda sedikit mengalami iritasi atau kering, dianjurkan untuk menggunakan obat tetes mata yang sesuai dengan rekomendasi dari dokter. Jika anda mengalami rasa sakit, sensitive terhadap cahaya, pandangan kabur atau mata merah yang ekstrim setelah ketiduran dengan lensa kontak, pastikan anda mengunjungi dokter mata terdekat. Tidak semua orang bisa tidur dengan lensa kontak.

Jika anda mengalami kondisi yang serius dengan mata anda karena menggunakan lensa kontak, hubungi VIO Optical Clinic. Kami melayani pemeriksaan mata terlengkap dan pendeteksian dini penyakit yang membahayakan mata, all include:

  1. Pemeriksaan kelainan refraksi (minus, plus, silinder)
  2. Pemeriksaan tekanan bola mata
  3. Pemeriksaan retina dan kornea
  4. Pemeriksaan katarak
  5. Pemeriksaan Penglihatan Ganda
  6. Test Buta Warna
  7. Pendeteksian dini penyakit yang membahayakan mata
  8. Ortho Keratology Terapi untuk Mata Minus
  9. Low Vision Treatment
  10. Spesialis Kacamata (frame + lensa) dan Lensa Kontak

Hubungi kami di:

021-29475974 Office

089502092881 WA

Line: @viooptical

Ruko Asia Tropis AT 16 no 51 Harapan Indah Bekasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *