Bulu mata palsu / eyelash extensions: Amankah untuk kesehatan mata?

 

Jika anda mencari istilah “Eyelash Extensions” atau “bulu mata palsu”, anda akan mendapat banyak salon local yang mengiklankan produk tersebut dan sejumlah artikel yang membahas tren kecantikan tersebut. Ditambah selebriti Hollywood yaitu Kardashian Family memiliki brand sendiri untuk produk bulu mata palsunya. Yang mungkin anda tidak temukan adalah “Apakah penggunaan Eyelash Extensions atau Bulu Mata Palsu itu 100% aman untuk kesehatan mata?”

 

“Resiko penggunaan Eyelash Extensions tidak hanya mengalami alergi dari lem-nya (alat yang untuk menempelkan bulu mata palsu ke mata), namun erosi permukaan kelopak mata bagian dalam” ucap salah satu ahli kesehatan mata. “Dan kondisi ini akan mengakibatkan kerusakan permanen untuk bulu mata kamu.”

 

Baik anda menggunakan lem bulu mata murah ataupun yang senilai jutaan pun, resikonya tetap sama. Anda harus waspada terhadap hal-hal berikut ini:

  1. Iritasi dan mata merah
  2. Bengkak dan lebam
  3. Bulu mata palsu atau extensions bisa jadi sarang kotoran dan bakteri, dan bisa menyebabkan infeksi yang serius, termasuk pink eye (mata merah) atau konjungtivitis.
  4. Lem pada bulu mata palsu mengandung formalin, yang dapat menyebabkan reaksi alergi yang parah dari waktu ke waktu dan bisa mengeluarkan cairan dan mengeras.
  5. Bulu mata asli jadi rontok. Ya, bulu mata anda jadi botak. Lem bulu mata bisa menarik bulu mata asli sehingga menjadi rontok. Iritasi bisa menyebabkan “madarosis”, yang mengakibatkan anda menarik bulu matanya. Atau “traction alopecia” dimana bulu rontok karena ketegangan yang berlebihan yang ditempatkan pada batang rambut. Akibatnya ini dapat merusak folikel rambut yang dapat memperlambat dan bahkan menghentikan produksi bulu mata/rambut.

 

Bagaimana dengan pewarnaan bulu mata, perhiasan bulu mata, dan penumbuh bulu mata?

Pewarnaan bulu mata sangat tidak dianjurkan oleh para ahli kesehatan mata. Tidak ada jenis pewarnaan yang dapat digunakan untuk bulu mata. Bahkan, pewarnaan pada bulu mata dapat menyebabkan kebutaan.

Perhiasan bulu mata, seperti menempelkan manik-manik atau Kristal ke bulu mata, resikonya sama besar dengan menggunakan bulu mata palsu atau eyelash extensions. Dan Latisse, yang merupakan pengobatan yang disetujui oleh FDA untuk bulu mata tipis, memiliki beberapa efek samping juga seperti:

  1. Perubahan warna permanen pada mata
  2. Kelopak mata yang berubah menjadi warna gelap
  3. Tumbuhnya rambut asing pada bagian wajah jika tidak berhati-hati
  4. Gatal, kemerahan]
  5. Tekanan pada bola mata menjadi lebih rendah, yang menimbulkan glaukoma dan permasalahan mata lainnya

 

Bagaimana menghindari komplikasi penggunaan bulu mata (eyelash) extensions?

Cara termudah untuk menghindari resiko infeksi atau iritasi mata adalah tidak menggunakan bulu mata palsu atau extensions. Jika anda ingin bulu mata yang tebal dan lebih bervolume, para ahli kesehatan mata mengatakan gunakanlah maskara sebagai gantinya. Tapi jika anda tetap untuk memutuskan menggunaka bulu mata palsu atau extensions, anda harus melakukan perawatan khusus. Dan ikutilah tips-tips berikut ini:

  1. Pastikan ahli kecantikan yang memasang bulu mata anda memiliki sertifikat asli dan terpercaya
  2. Mintalah informasi terkait lem perekat untuk menempelkan bulu matanya apakah ada kandungan formalinnya.
  3. Pastikan ahli kecantikan anda mencuci tangan secara bersih dan menggunakan sarung tangan
  4. Jika anda melihat adanya tanda-tanda infeksi, segera kunjungi dokter untuk ditangani.

 

Pemeriksaan mata lengkap di VIO Optical Clinic yang ditangani langsung oleh Dokter Optometry dan tenaga ahli profesional yang telah tersertifikasi meliputi:

  • Pemeriksaan kelainan refraksi
  • Pemeriksaan tekanan bola mata
  • Pemetaan kornea dengan corneal topography
  • Pemeriksaan retina
  • Pendeteksian dini penyakit yang membahayakan mata
  • Test buta warna
  • Pemeriksaan penglihatan ganda
  • Dan masih banyak lagi.

 

Yuk hubungi VIO Optical Clinic sekarang juga:

021-29475974 Office

089502092881 WA available

Line: @viooptical

Ruko Asia Tropis AT 16 no. 51 Harapan Indah Bekasi

 

Get to know us, Follow our Social Media:

Facebook: https://www.facebook.com/viooptical/

Instagram: https://www.instagram.com/viooptical/

Youtube: https://goo.gl/ucF5RU <– Subscribe here

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *