Kista Konjungtiva

 

Kista merupakan kantung yang berisi cairan. Kondisi ini bisa terbentuk dibagian tubuh mana saja dan biasanya merupakan sebuah indikasi dari permasalahan yang mendasar. Mata kita adalah salah satu bagian tubuh dengan struktur yang halus yang terkena atau terekspos dengan lingkungan luar tanpa adanya perlindungan sepanjang hari, jadi sering sekali terjadi iritasi ringan atau benda asing yang terjerat di dalam mata dan menimbulkan masalah.

 

Apa itu Kista Konjungtiva?

Dalam kebanyakan kasus, ini merupakan peyakit mata yang berwujud kantung putih berisi cairan yang terletak pada konjungtiva (lapisan tipis yang berada di mata yang berguna melindungi sklera). Kondisi ini tidak menyakitkan para pasien walaupun bisa terasa perih seperti ada sesuatu yang mengganjal di mata. Kista sulit dilihat dengan mata telanjang, jadi pasien bisa saja mengeluh ada sesuatu yang bermasalah dengan matanya walaupun mereka tidak bisa menunjuk dimana kista itu berada.

 

Gejalanya:

  • Gatal
  • Kemerahan
  • Mata berair secara berlebihan
  • Mata kering
  • Pertumbuhannya berlangsung selama beberapa hari dan bisa menghilang, namun suatu saat bisa saja tumbuh lagi.
  • Wujudnya seperti transparan dan keputihan

 

Penyebabnya:

Kista konjungtiva bisa terjadi akibat dari alergi, yang disebabkan oleh infeksi ringan, atau bisa juga terjadi karena benda asing masuk pada mata. Kemungkinan besar, sebagai akibat dari kedua kondisi ini, pasien bisa saja mengusap bagian yang transparan pada mata/konjungtiva dan kerusakan konjungtiva tersebut dapat menyebabkan pertumbuhan sel yang berlebih pada area tersebut. Penyebab lainnya bisa terjadi juga karena akumulasi air mata.

 

Treatment

Kebanyakan dokter akan menyarankan pasien yang mengalami kondisi ini untuk menunggu pada perkembangan awal-awal gejala kista konjungtiva ini. Karena banyak kondisi seperti ini akan menghilang dengan sendirinya tanpa adanya pengobatan yang macam-macam. Jika kistanya tetap bertumbuh maka diperlukan pengobatan seperti antibiotik khusus seperti obat tetes atau salep untuk meredakan pembengkakkan dari kista itu sendiri. Salep atau obat tetes juga bisa meredakan alergi yang sewaktu-waktu bisa muncul.

Namun sebaiknya kita harus tetap menunggu perkembangan dari kista tersebut sebelum melakukan tindakan operasi. Jika kistanya terus bertumbuh maka dokter akan menyuntik kistanya yang sebelumnya sudah diberi anastesi. Ini prosedur yang tidak ada rasa sakitnya yang tidak memakan waktu terlalu lama. Ada sedikit pendarahan yang mungkin terjadi yang terkait dengan prosedur ini, namun tidak terlalu banyak. Alternatif lain jika dokter memiliki alat yang memungkinkan, untuk mengeluarkan kistanya bisa digunakan dengan prosedur laser. Beberapa orang kadang suka mengeluh rasa sakit atau ketidaknyamanan selama penyembuhan dan ini bisa ditangani dengan obat penghilang rasa sakit dan obat anti pembengkakkan. Ada kemungkinan kista ini akn muncul lagi setelah operasi pengangkatan kista sebelumnya. Jika hal ini terjadi makan pengobatan yang sama wajib dilakukan.

———————–

Punya masalah pada mata anda seperti yang dijabarkan di atas? VIO Optical Clinic bisa memberikan solusinya! Pemeriksaan mata lengkap yang ditangani langsung oleh Dokter Optometry dan tenaga ahli profesional yang telah tersertifikasi meliputi:

Pemeriksaan kelainan refraksi

Pemeriksaan tekanan bola mata

Pemetaan kornea dengan corneal topography

Pemeriksaan retina

Pendeteksian dini penyakit yang membahayakan mata

Test buta warna

Pemeriksaan penglihatan ganda

Dan masih banyak lagi.

 

Yuk hubungi VIO Optical Clinic sekarang juga:

021-29475974 Office

089502092881 WA available

Line: @viooptical

Ruko Asia Tropis AT 16 no. 51 Harapan Indah Bekasi

 

Get to know us, Follow our Social Media:

Facebook: https://www.facebook.com/viooptical/

Instagram: https://www.instagram.com/viooptical/

Youtube: https://goo.gl/ucF5RU <– Subscribe here

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *