Aman Menggunakan Lensa Kontak

 

Ikutilah step-step di bawah ini untuk merawat lensa kontak anda agar kesehatan mata anda tetap terjaga.

 

Tips membersihkan lensa kontak

 

Jenis lensa yang anda punya menentukan bagaimana cara anda merawatnya. Lensa kontak disposable (lensa yang hanya sekali pakai dan bahannya sangat lembut) tidak memerlukan banyak perawatan. Namun, softlens yang konvensional justru membutuhkan banyak perawatan. Jika anda tidak mengikuti cara penggunaannya dengan baik, maka anda bisa mengalami masalah dengan penglihatan anda. Jika anda merasa kesulitan mengikuti step-step di bawah ini maka anda harus mengkonsultasikannya segera ke dokter. Mungkin anda bisa dengan mudah melakukannya jika sudah berkonsulti dengan dokter, atau anda bisa mengganti lensa kontak anda dengan lensa kontak yang disposable.

 

  1. Sebelum anda menyentuh lensa kontak, cuci dan bilaslah tangan anda dengan sabun yang ringan. Pastikan tidak ada (mengandung) parfum, minyak, atau losion. Bahan seperti itu bisa menempel di tangan anda. Jika terkena lensa kontak anda, mata anda bisa iritasi dan pandangan anda bisa menjadi buram.
  2. Bersihkan tangan anda dengan handuk yang bersih dan bebas serat. Jika anda menggunakan hair-spray, gunakanlah sebelum anda menggunakan lensa kontak. Hal yang bagus untuk menjaga kuku jari anda tetap pendek dan lembut supaya lensa kontak anda tidak rusak dan tergores.
  3. Pakailah kosmetik setelah anda menggunakan lensa kontak. Bersihkan kosmetik sebelum anda melepas lensa kontak.
  4. Beberapa lensa kontak membutuhkan perawatan khusus. Gunakanlah selalu cairan (solutions) pembersih kuman, obat tetes mata, pembersih enzimatik yang dokter anda rekomendasikan. Beberapa produk untuk mata ada yang tidak aman digunakan atau keamanannya kurang untuk pengguna lensa kontak.
  5. Jangan sekali-kali menggunakan air keran untuk pembersih lensa. Bahkan air suling bisa menjadi sarang serangga kecil yang menjijikkan yang dapat menyebabkan infeksi atau melukai penglihatan anda.
  6. Jangan pernah membersihkan lensa kontak dengan menggunakan mulut anda.
  7. Bersihkanlah seperti ini -> Usaplah lensa kontak anda dengan jari telunjuk di telapak tangan anda. Mengusap lensa kontak dengan lembut akan menghilangkan tumpukan benda asing pada lensa kontak.
  8. Bersihkan tempat penyimpanan lensa kontak anda setiap anda menggunakannya. Baik menggunakan cairan (solutions) yang steril atau air hangat. Keringkan beberapa saat. Ganti tempat penyimpanan lensa kontak anda setiap 3 bulan sekali.

 

Cara aman menggunakan lensa kontak

 

Para ahli kesehatan mata mengatakan bahwa lensa kontak disposable adalah lensa kontak yang paling aman. Tanyakan dokter anda untuk mengetahuinya lebih lanjut.

 

  1. Gunakan lensa kontak anda setiap hari hanya jika direkomendasikan oleh dokter.
  2. Jika anda mengalami kesulitan untuk mengingat kapan waktu untuk mengganti lensa kontak, mintalah time-table kepada dokter anda untuk menjadwalkan kapan lensa kontak anda harus diganti. Atau anda bisa membuatnya sendiri.
  3. Jangan pernah menggunakan lensa kontak milik orang lain, apalagi yang sudah pernah dipakai. Menggunakan lensa kontak milik orang lain bisa menyebar infeksi atau partikel-partikel dari mata mereka ke mata anda.
  4. Jangan pernah tidur dengan lensa kontak pada mata anda. Pada saat mata anda tertutup, air mata anda tidak membawa banyak oksigen ke mata anda seperti pada saat mata anda terbuka.
  5. Jangan biarkan ujung botol cairan (solutions) menyentuh permukaan benda / objek lain, seperti jari, mata, atau lensa kontaknya. Hal itu bisa membuat cairannya terkontaminasi.
  6. Gunakan sunglasses yang ada proteksi UV-nya atau topi yang lebar saat anda berada dibawah terik matahari. Lensa kontak bisa membuat mata anda lebih sensitive terhadap cahaya.
  7. Gunakan cairan (solutions) sesuai dengan rekomendasi dari dokter anda untuk menjaga kelembaban mata anda.
  8. Jika anda secara tidak sengaja memasuki lensa kontak ke mata anda secara terbalik, itu sama sekali tidak akan menyakiti mata anda. Namun hanya ada rasa yang janggal saja. Untuk menghindari hal ini terjadi, tempatkan lensa kontak anda di ujung jari anda sehingga membentuk seperti cangkir. Lihat lensa kontaknya dari samping. Jika bentuknya seperti melebar pada bagian atasnya dan nampak seperti ada bibir, lensanya itu terbalik. Jika terlihat seperti huruf U, berarti ini sisi luarnya.
  9. Jika mata anda iritasi, lepaslah lensa kontak anda. Jangan pakai itu lagi jika anda sudah mengkonsultasikannya dengan dokter. Jika anda tetap mengenakannya, mata anda bisa terinfeksi. Ikuti instruksi dokter anda untuk mencegah terjadinya infeksi saat menggunakan lensa kontak.
  10. Kunjungi dokter mata anda jika anda tiba-tiba mengalami masalah dengan penglihatan anda, pandangan buram yang tak kunjung membaik, sakit mata, infeksi, bengkak, memerah yang tidak biasanya, atau iritasi.
  11. Jangan berenang dengan menggunakan lensa kontak. Sebaiknya anda menggunakan kacamata renang daripada anda tidak menggunakan sama sekali saat berenang. Bakteri yang ada pada air kolam renang bisa menimbulkan infeksi yang serius pada mata anda.

 

VIO Optical Clinic – Spesialis Pemeriksaan Mata Lengkap dan Lensa Kontak

 

Vio Optical Clinic merupakan Optical Plus yang melayani pemeriksaan terlengkap seperti Rumah Sakit. Langsung ditangani oleh satu-satunya dokter optometri di Indonesia dan tenaga ahli kesehatan mata yang profesional dan tersertifikasi. Hasil pemeriksaan oleh VIO Optical Clinic sangat akurat dan kami memenuhi seluruh kebutuhan kesehatan mata pasien.

 

Pemeriksaan yang dilakukan oleh VIO Optical Clinic meliputi:

  1. Pemeriksaan kelainan refraksi (minus, plus, silinder)
  2. Pemeriksaan tekanan bola mata
  3. Pemeriksaan retina dan kornea
  4. Pemeriksaan buta warna
  5. Pemeriksaan penglihatan ganda
  6. Melayani Terapi Mata Minus atau Ortho Keratology
  7. Melayani Low Vision Treatment
  8. Melayani jasa pemeriksaan mata lengkap di perusahaan, pendidikan, instansi pemerintah on site sesuai dengan kebutuhan customer.

For promo and appointment details, please call us:
021-29475974 Office
089502092881 WA
Line: @viooptical

Ruko Asia Tropis AT 16 no. 51 Harapan Indah Bekasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *