Penyebab Mata yang Berkedip Secara Berlebihan

 

Berkedip adalah aktivitas mata yang normal dan merupakan suatu fenomena yang penting secara psikologis. Hal ini tidak sering terjadi bada bayi yang baru lahir, oleh sebab itu kita sering melihat para bayi yang baru lahir matanya selalu terbuka lebar. Frekuensinya meningkat secara perlahan saat sistem sarafnya sudah dewasa. Orang dewasa berkedip sekitar 14 – 17 kali per menit.

Tapi mengapa kita berkedip? Salah satu peran penting dari berkedip adalah bisa mencegah masuknya debu atau kotoran  ataupun objek-objek lain yang mencoba untuk masuk ke mata, serta meminimalisir cahaya yang terlalu terang saat mata kita belum siap. Perna penting lainnya juga adalah berkedip itu menjaga mata kita tetap lembab dah sehat, dengan cara menyebarkan lapisan air mata kepada permukaan mata. Tingkat kedipan mata meningkat saat anda berbicara, gugup, kesakitan, atau saa melihat cahaya yang begitu terang.

 

Penyebab dan resiko

Terlalu sering berkedip disebabkan oleh adanya rangsangan yang berlebih dari reflek kedipan mata itu sendiri. Hal ini umumnya terjadi karena masuknya benda asing pada mata. Salah satu contohnya adalah tumbuhnya bulu mata di dalam kelopak mata sehingga menggesek permukaan mata. Jadi hal apapun yang menyebabkan Abrasi Kornea menyebabkan berkedip secara berlebihan dala upaya untuk membersihkan benda asing. Berkedip terlalu sering bisa juga terjadi karena alergi yang menyebabkan mata berair, datal, dan kasarnya permukaan konjungtiva.

Pada kebanyakan anak, terutama laki-laki, sekitar usia 5 tahun, kedipan mata yang berlebih menjadi sebuah kebiasaan. Namun biasanya akan berhenti dalam beberapa bulan. Jika ada gejala yang terkait seperti mata merah atau berair, nyeri atau bengkak, maka kondisi ini harus segera ditangani dengan melakukan pemeriksaan secara komprehensif pada ahli kesehatan mata yang professional.

 

Penyebab lainnya meliputi:

  • Mata kering
  • Stress
  • Mata lelah
  • Mata merah
  • Blepharitis (pembengkakkan pada kelopak mata)
  • Uveitis (pembengkakkan pada iris)
  • Miopia (rabun jauh)
  • Cahaya yang terang
  • Terlalu lama beraktivitas di depan monitor

 

Punya masalah pada mata anda seperti yang dijabarkan di atas? VIO Optical Clinic bisa memberikan solusinya! Pemeriksaan mata lengkap yang ditangani langsung oleh Dokter Optometry dan tenaga ahli profesional yang telah tersertifikasi meliputi:

Pemeriksaan kelainan refraksi

Pemeriksaan tekanan bola mata

Pemetaan kornea dengan corneal topography

Pemeriksaan retina

Pendeteksian dini penyakit yang membahayakan mata

Test buta warna

Pemeriksaan penglihatan ganda

Dan masih banyak lagi.

 

Yuk hubungi VIO Optical Clinic sekarang juga:

021-29475974 Office

089502092881 WA available

Line: @viooptical

Ruko Asia Tropis AT 16 no. 51 Harapan Indah Bekasi

 

Get to know us, Follow our Social Media:

Facebook: https://www.facebook.com/viooptical/

Instagram: https://www.instagram.com/viooptical/

Youtube: https://goo.gl/ucF5RU <– Subscribe here

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *