Sering pusing melihat layar gadget?

Mata mempunyai batas akomodasi untuk melihat hal yang membutuhkan tenaga ekstra. Oleh sebab itu, akibatnya kepala anda menjadi pusing ketika mata anda fokus terlalu lama di depan komputer atau layar handphone. Apalagi di zaman sekarang semua orang adalah pengguna smartphone yang intensitas pemakaiannya hampir setiap hari atau setiap jam, dan ujung-ujungnya kesehatan mata kita menjadi “tumbal”.

Sekitar 90% pengguna smartphone mengalami mengalami kondisi permasalahan yang sama yaitu Computer Vision Syndrome (CVS). CVS timbul dari gejala seperti pandangan yang kabur, mata yang terasa perih, sensitive terhadap cahaya, sakit kepala, sakit punggung atau leher.

Jika gejala ini mempengaruhi anda, lakukanlah tips-tips berikut untuk meringankan dan menghindari rasa sakitnya.

  1. Sesuaikan atau luruskanlah pandangan anda.

Sudut pandang anda berperan penting terhadap Computer Vision Syndrome.  Untuk sudut pandang yang baik, bagian tengah monitor, tablet atau handphone harus 20 sampai 28 inch dari mata anda dan 4 sampai 5 inch dibawah level mata. Jika mata anda bolak balik melihat layar, jagalah jarak pandangan objek penglihatan anda supaya bisa meminimalisir gerakan kepala yang bisa membuat anda pusing.

  1. Kurangi pencahayaan dari layar gadget

Huruf-huruf pada layar gadget tidak sejelas dengan huruf-huruf yang dicetak di kertas. Sedikit kontras antara huruf-huruf dengan latar belakang atau pencahayaan di layar gadget akan membuat mata anda bekerja lebih keras. Hasilnya mata anda akan menjadi sensitive terhadap cahaya. Posisikan layar gadget anda untuk menghindari cahaya dari cahaya yang berasal dari atas (seperti lampu) atau cahaya matahari dari luar jendela ruangan. Tutup kerai pada jendela anda atau anda bisa beralih ke lampu dengan watt yang rendah di meja kerja atau belajar anda. Jika anda tidak bisa merubah cahaya untuk meminimalisir intensitas pencahayaannya, disarankan untuk membeli penyaring cahaya untuk layar gadget anda.

  1. Istirahatkan mata anda

Saat menggunakan komputer untuk jangka waktu yang lama, beristirahatlah secukupnya untuk menghindari mata lelah. Setiap 20 menit, berpalinglah dari komputer dan lihatlah objek yang jauh sekitar 20 detik. Hal ini akan memberikan kesemptan pada mata anda untuk kembali fokus. Setelah 2 jam beraktivitas di depan layar gadget, istirahatkan mata anda sekitar 15 menit.

  1. Seringlah berkedip

Orang-orang biasanya berkedip sekitar 18x per menit, namun pengguna komputer cenderung untuk berkedip sekitar 1 sampai 4x. Hal ini bisa menyebabkan anda mengalami mata kering. Untuk mengurangi resiko mata kering, ingatkan diri anda untuk berkedip sesering mungkin. Dan segarkan mata anda sebisa mungkin dengan obat tetes mata sesuai dengan rekomendasi ahli kesehatan mata.

  1. Periksa mata secara rutin

Kondisi mata yang tidak terkoreksi dengan baik, rabun jauh atau astigmatism, masalah dengan fokus atau mengkordinasi mata dan kelainan refraksi seiring dengan lanjutnya usia seseorang bisa menyebabkan mata lelah.

Walaupun anda tidak membutuhkan kacamata atau lensa kontak untuk aktivitas sehari-hari, anda tetap disarankan untuk memakainya pada saat berkativitas di depan komputer. Jika anda menggunakan kacamata atau lensa kontak dan masih memiringkan kepala anda atau bersandar kea rah layar untuk melihat lebih jelas, ukuran lensa anda harus disesuaikan. Periksakanlah mata anda secara rutin untuk memastikan ukuran lensa anda tepat. Hal ini bisa membantu untuk mengurangi rasa sakit pada leher, bahu atau punggung anda.

VIO Optical Clinic merupakan Optical Plus dan Klinik mata yang memiliki tenaga ahli profesional dan bersertifikat serta teknologi dan alat pemeriksaan mata yang modern dan canggih sehingga menghasilkan resep sesuai dengan ukuran refraksi mata masing-masing pasien.

Berikut pelayanan pemeriksaan lengkap yang ada di VIO Optical Clinic:

  1. Pemeriksaan kelainan refraksi (minus, plus, silinder)
  2. Pemeriksaan tekanan bola mata
  3. Pemeriksaan retina dan kornea
  4. Pemeriksaan buta warna
  5. Pemeriksaan penglihatan ganda
  6. Melayani Terapi Mata Minus atau Ortho Keratology
  7. Melayani Low Vision Treatment
  8. Melayani jasa pemeriksaan mata lengkap di perusahaan, pendidikan, instansi pemerintah on site sesuai dengan kebutuhan customer.

For promo and appointment details, please call us:
021-29475974 Office
089502092881 WA
Line: @viooptical

Ruko Asia Tropis AT 16 no. 51 Harapan Indah Bekasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *