Kids, Pets, and Eye Health

 

Apakah anda berminat untuk memelihara hewan peliharaan di rumah untuk si kecil? Jika demikian, berikut beberapa tips pencegahan agar si kecil terhindar dari cidera mata atau cedera mata lainnya pada saat memelihata hewan kesayangannya.

Sangat diperbolehkan jika anak kecil ingin memelihara hewan peliharaan, karena secara tidak langsung memelihara hewan memiliki efek MAGIC pada anak-anak. Hewan peliharaan memberikan kenyamanan, persahabatan, pembelajaran hidup, kesempatan untuk belajar cara merawat sesuatu, dan bahkan bisa menjadi sentuhan penyembuhan.Seperti yang kita ketahui bahwa hewan peliharaan seperti anjing dan kucing bisa menyebabkan alergi pada mata yang disalurkan melalui udara, tangan kotor, dan bulu hewan peliharaan.

Untuk itu kita perlu mengetahui tanda apabila si kecil mengalami alergi pada binatang, salah satu cara gampangnya adalah setelah si kecil bersentuhan dengan hewan peliharaannya, anak anda mengeluhkan matanya gatal disertai dengan mengucek matanya sesering mungkin, juga matanya berair, mata menjadi merah, terjadi pembengkakkan ringan pada kelopak mata. Ini artinya anak anda harus segera dibawa untuk diperiksa oleh dokter.

Sedangkan untuk peliharaan eksotis seperti reptil dan laba-laba dapat juga menimbulkan resiko pada kesehatan mata. Hal ini disebabkan oleh kebanyakan jenis hewan ini memiliki salmonella (sejenis bakteri yang dapat menular pada manusia dan mengganggu sistem kesehatan) pada kulit mereka, dan jika terkontaminasi dengan mata atau kulit bisa mengakibatkan penyakit serius.

Tarantula misalnya, ditutupi dengan rambut kecil yang dapat menembus kulit manusia dan mata seperti tombak kecil dapat menyebabkan peradangan mata. Kadang-kadang rambut yang kecil tersebut sangatlah sulit untuk dicabut, bahkan ketika dilihat dengan menggunakan mikroskop.

Penyakit-penyakit lainnya yang dapat menyerang anak-anak dan penglihatan mereka karena hewan peliharaan adalah infeksi Toxocariasis dan infeksi ini dapat menyebabkan kebutaan permanen. Adapun hal yang dapat dilakukan oleh orang tua apabila si kecil tetap menginginkan untuk memelihara hewan di rumah, yaitu:

  1. Menjaga keamanaan hewan peliharaan. Kebanyakan hewan peliharaan tidak dilengkapi dengan imunisasi, jadi hewan peliharaan harus lebih diperhatikan. Jadi orang tua dapat melihat dan meneliti masalah kesehatan yang mungkin terakit dengan hewan sebelum mengizinkan si kecil memiliki hewan peliharaan.
  2. Memilih binatang yang sedikit melakukan penggantian bulu, atau bisa menggunakan teknologi sekarang yang menghasilkan hewan yang yang Hypoallergic.
  3. Dengan memberikan si kecil hewan peliharaan, berarti si kecil sudah harus diberikan tanggung jawab untuk menjaga kebersihan kandang hewan kesayangannya.
  4. Selalu menginformasikan si kecil untuk mencuci tangannya dengan sabun antiseptic setelah bermain-main dengan hewan peliharaannya.
  5. Melakukan pemeriksaan secara berkala untuk si kecil dan hewan peliharaannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *