Buta Warna

 

VIO Optical Clinic sering dikunjungi oleh pasien yang ingin test buta warna untuk keperluan sekolah atau akademi pendidikan. Seperti yang terjadi beberapa waktu lalu, ada seorang mahasiswa yang mengambil jurusan kimia di Universitas ternama di Indonesia yang ingin melakukan pemeriksaan buta warna. Menurut informasi yang kami dapat, mahasiswa ini menggunakan jalur khusus untuk memasuki akademinya sehingga membuatnya berhasil masuk ke Universitas tersebut tanpa test padahal Mahasiswa ini belum menyelesaikan pendidikannya di tingkat SMA.

 

Cukup memprihatinkan ketika Dokter dan Team VIO Optical Clinic melakukan pemeriksaan buta warna pada Mahasiswa ini, ia tidak bisa membaca angka-angka yang tertera di buku test buta warna. Syarat mutlak dan ketentuan untuk memasuki jurusan kimia di Universitas ternama ini adalah tidak boleh menderita buta warna. Dokter dan Team VIO pun merekomendasikan supaya ia mengganti jurusan kuliahnya yang tidak memiliki syarat mutlak tersebut supaya ia tidak mengalami kejadian fatal di kemudian hari.

 

Dalam hal ini  kondisi Buta warna adalah berkurangnya kualitas penglihatan terhadap warna yang umumnya diturunkan kepada anak dari orang tua sejak dilahirkan. Penderita buta warna cenderung mengalami kesulitan saat melihat warna merah, hijau, biru, atau campuran warna-warna ini.

 

Kebanyakan penderita buta warna yang mengalaminya sejak lahir disebabkan oleh faktor genetik yang berikatan dengan kromosom X. Seorang ayah penderita buta warna tidak akan memiliki anak yang menderita buta warna kecuali pasangannya memiliki gen buta warna. Hal ini mungkin karena wanita lebih berperan dalam menjadi pembawa gen (carrier) yang akan mewarisi buta warna kepada anak. Penderita buta warna akibat faktor genetik juga jauh lebih sering terjadi pada pria dibandingkan wanita, walau terkadang kondisi ini dapat melewati satu generasi. Anak perempuan dipastikan mengidap buta warna jika kedua orang tua adalah pembawa gen buta warna.

 

Penting bagi orang tua untuk dapat melakukan pemeriksaan Buta warna sejak awal karena kondisi ini dapat berdampak kepada kemampuan belajar anak.

 

Walau sampai saat ini belum ada obat atau metode untuk mengobati buta warna, namun banyak penderita buta warna yang mampu belajar untuk beradaptasi dan menemukan cara dalam mengatasi masalah pembedaan warna dengan bantuan tenaga ahli yang professional di bidang nya.

 

Karena itu sangat lah penting bagi orang tua untuk dapat melakukan pemeriksaan mata, termasuk pemeriksaan buta warna untuk mengetahui lebih dini kondisi permasalah an dan cara mengatasi nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *