5 tanda mata anda kurang baik untuk berkendara malam

Apakah berkendara menjadi hal yang memusingkan karena penglihatan anda yang payah? Sangat berbahaya jika anda berkendara jika pandangan anda bermasalah karena bisa beresiko pada diri anda dan orang lain. Jika anda sudah membersihkan kaca mobil depan anda dengan sempurna dan yakin lampu mobil menyala dengan baik, namun anda masih ragu untuk berkendara karena penglihatan anda, inilah saatnya yang tepat untuk anda memeriksakan mata demi keselamatan anda saat berkendara. Berikut adalah 5 tanda peringatan bahwa penglihatan anda mungkin menghambat kemampuan anda dalam berkendara dengan aman.

 

  1. Menyetir dimalam hari membuat anda tidak nyaman

Jika anda melihat kurangnya kontras cahaya yang berbentuk dalam kegelapan, atau jika suatu objek tampak kabur dan lebih gelap pada malam hari, penyebabnya adalah “Bad Night Vision” (penglihatan yang buruk pada malam hari) yang berarti pandangan anda bermasalah pada malam hari.

Katarak bisa menjadi penyebab Nyctalopia (ketidakmampuan dalam melihat di kegelapan), begitu juga dengan rabun jauh. Kemungkinan anda juga kekurangan Vitamin dan Zinc (mineral penting yang dibutuhkan oleh manusia). Suatu kondisi yang dikenal sebagai retinitis pigmentosa, dimana pigmen gelap terbentuk di retina, juga menjadi penyebab lain dari ketidaknyamanan anda berkendara dimalam hari.

 

  1. Penglihatan kabur dibelakang kemudi.

Membaca rambu-rambu lalu lintas terkadang bisa menyulitkan pengemudi. Memaksakan mata anda untuk memfokuskan membaca rambu lalu lintas bisa mengalihkan fokus anda saat berkendara, dan hal ini sangat beresiko pada keselamatan anda.

Pandangan yang buram memiliki beberapa faktor penyebabnya, termasuk katarak dan astigmatism (silinder).

 

  1. Orang yang sudah lanjut usia

Ada beberapa orang yang beruntung di dunia yang sudah lanjut usia namun penglihatannya masih dalam keadaan baik. Mungkin hanya perlu sepasang kacamata bahkan ada yang tidak membutuhkannya sama sekali. Penting untuk melakukan pemeriksaan mata rutin. Bahkan jika anda tidak menyadarinya, usia anda akan mempengaruhi kemampuan mata anda untuk melihat lingkungan sekitar, dan untuk memproses informasi yang mata kita terima dari jalanan. Presbiopia adalah suatu kondisi yang ditandai dengan hilangnya kemampuan untuk melihat objek terdekat akibat penuaan. Reflek dan kemampuan anda akan menurun seiring dengan  bertambahnya usia.

 

  1. Cahaya pada lampu depan mobil depan tiba-tiba muncul.

Jika anda secara menerus melihat silau yang berasal dari lampu di jalan yang menyebabkan anda menyipitkan mata anda, berarti mata anda perlu diperiksa. Penglihatan yang baik pada malam hari itu sangat penting. Lampu terang di jalan seharusnya membantu anda menemukan jalan anda. Cahaya yang membuat mata anda silau bisa menjadi gangguan utama dan mengancam keselamatan anda saat berkendara. Jika anda merupakan orang yang mengalami kondisi mata di atas, kemungkinan anda adalah penderita katarak atau astigmatism (silinder)

 

  1. Mata lelah

Hal yang terpenting saat berkendara adalah kita harus tetap terjaga. Jika mata anda lelah tentu saja akan membuat anda sulit berkendara. Mata yang tegang dan terlalu fokus , kesulitan menggerakan mata pada ruang geraknya, dan sulit untuk fokus merupakan kondisi yang dinamakan Eye Fatigue (mata lelah). Gerakan simple mata anda  saat mengikuti jalan bisa melelahkan bahkan jika mata anda sehat sekalipun. Jika anda menggunakan kacamata atau lensa kontak, pastikan jika ukurannya itu tepat, dan anda harus beristirahat sejenak jika anda berpergian jauh. Lensa pada kacamata anda seharusnya bisa dipolarisasi, untuk meminimalisir silau, dan terlindung dari Sinar Ultra Violet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *