Ocular Surface Disease (OCD) / Penyakit Luar pada Mata

 

Apakah anda pernah mengalami hal-hal seperti dibawah ini?

 

 

Jika ya, kemungkinan anda mengalami Ocular Surface Disease (OCD) atau penyakit luar mata. Ini merupakan penyakit yang berhubungan dengan air mata dan kornea. Penyakit ini menyebabkan pembengkakan di kelenjar kelopak mata, penurunan fungsi air mata, maupun penurunan kualitas air mata. Penyakit ini jarang terdeteksi, namun mempengaruhi kondisi mata kita.

 

Hasil pemeriksaan mata pasien yang ada Ketombe di bulu mata oleh @doctorandrisyah

 

Hasil pemeriksaan mata pasien yang ada Ketombe di bulu mata oleh @doctorandrisyah

 

Apa penyebab Ocular Surface Disease?

OCD ini seringkali terjadi secara alami karena pertambahan usia., namun kondisi ini bisa lebih parah dengan konsumsi obat-obatan tertentu dan kondisi medis lainnya. Untuk mencegah terjadinya gejala OCD ini, anda harus menjaga kebiasaan hidup dan kebersihan yang baik.

 

Menjaga Kesehatan Mata

  • Teknologi

Begitu banyak orang menggunakan komputer, dan ketergantungan pada smartphone maka tidak heran jika kita melihat banyak orang mengalami OCD. Ketika kita berkonsentrasi pada tingkat dimana kita jarang berkedip dan kita cenderung berkedip tidak sempurna berarti air mata kita menjadi terdehidrasi dan menyebabkan kekeringan.

  • Cuaca

Mata kita juga terpengaruh sama cuaca. Khususnya pada musim hujan yang berangin, mata kita bisa mengalami kekeringan karena paparan angin. Tapi pada saat musim semi, mata yang terkena AC (Air Conditioner) pun bisa memperburuk kondisi mata kita. Atau ketika mengalami alergi karena debu, polen dari serbuk bunga.

  • Lensa kontak

Orang yang menggunakan lensa kontak lebih rentan mengalami OCD ini. Ketidaknyamanan yang disebabkan kekeringan pada penggunaan lensa kontak inilah yang membuat orang berhenti menggunakan lensa kontak.

 

Jangan mengabaikan kondisi permasalahan mata anda, karena hal ini bisa menurunkan kualitas hidup anda tentunya. Beberapa penelitian  menunjukkan bahwa kondisi tersebut dapat mengakibatkan kepercayaan diri yang rendah, terganggunya aktivitas sehari-hari karena merasa tidak nyaman dengan pandangan dan ketajaman penglihatan serta penurunan produktivitas harian.

 

Pemeriksaan Mata Lengkap di Vio Optical Clinic – Solusi semua permasalahan mata anda!

Dokter Optometry dan Team Vio Optical Clinic akan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh terhadap kondisi mata anda, mendeteksi penyebab dari permasalahan tersebut dan memberikan rekomendasi untuk menyembuhkan kondisi mata anda.

Pemeriksaan yang dilakukan khususnya masalah OCD ini adalah Test Osmolitas Tearlab, ketebalan minyak film air mata anda, dan jumlah kedipan selama interval 20 detik. Analisa kelenjar minyak anda akan didokumentasikan menggunakan Teknologi Medmon Tear Film Analysis.

Kami akan terus memantau kondisi mata oleh sebab itu periksakanlah kondisi mata anda secara meskipun tidak ada keluhan karena bisa membantu anda untuk mendeteksi penyakit mata secara dini.

For appointment and exclusive promo call us at:

021-29475974 Office

089502092881 WA (fast response)

Line: @viooptical

Ruko Asia Tropis AT 16 no 51 Harapan Indah Bekasi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *