Pengaruh Kemajuan Teknologi terhadap Kesehatan Mata

 

Teknologi digital telah menjadi bagian hidup dari anak-anak baik di rumah maupun di sekolah. Walau teknologi bisa membantu meningkatkan edukasi kita, masih banyak perangkat digital yang tergolong baru dan berpengaruh pada efek jangka panjang khususnya untuk kesehatan mata.

 

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh American Optometric Association (2015), 41% Orang Tua mengatakan bahwa anak mereka menghabiskan waktu selama 3 jam atau lebih pada Gadget, dan 66% dari mereka sudah memiliki Gadget sendiri.

 

Para orang tua seharusnya memiliki kesadaran penuh bahwa aktivitas anak depan gadget bisa membahayakan kesehatan mata mereka. Kita sebagai orang harus memperhatikan gejala mata lelah karena gadget seperti;

  1. Mata dengan sensasi terbakar
  2. Mata gatal atau lelah
  3. Sakit kepala
  4. Kelelahan
  5. Kehilangan fokus
  6. Penglihatan kabur
  7. Penglihatan ganda
  8. Sakit leher

 

Untuk melindungi kualitas penglihatan anak-anak, ajak mereka untuk melakukan aturan 20:20:20 setiap kali mereka menggunakan gadget, istirahat selama 20 detik, setiap 20 menit, dan melihat objek yang berjarak 20 feet (6 meter).

 

Perangkat digital pada zaman sekarang ini memancarkan radiasi cahaya yang sangat tinggi dan mengeluarkan sinar biru yang bisa berpengaruh pada pandangan dan merusak penglihatan sejak dini. Penelitian menunjukkan bahwa paparan sinar biru dari gadget yang berlebih dapat menyebabkan kelelahan dan ketidaknyamanan pada mata serta bisa menimbulkan permasalahan yang serius di kemudian hari seperti Age-Related Macular Degeneration (AMD) atau yang dikenal sebagai Regenerasi Makular bisa menyebabkan kebutaan.

 

Pemeriksaan mata pada anak itu sangat penting dilakukan setidaknya 6 bulan sekali jika anak tidak memiliki keluhan pada penglihatannya.

 

Mata anak-anak usia 5 sampai 13 tahun masih dalam masa pertumbuhan jadi bisa saja berubah-ubah. Dan pada saat ini juga, jarak antara lensa dan retina juga masih berubah-ubah. Bila jarak antara keduanya memanjang, maka terjadilah peningkatan myopia pada anak.

 

GET YOUR KIDS TO VIO OPTICAL CLINIC FOR COMPREHENSIVE EYE EXAM

Vio Optical Clinic melayani beberapa pemeriksaan, salah satunya pemeriksaan mata lengkap dan komprehensif untuk anak-anak. Jika anak anda mengalami permasalah penglihatan seperti yang telah dipaparkan di atas, segera kunjungi Vio Optical Clinic. Pemeriksaannya meliputi;

 

1.Pemeriksaan Kelainan Refraksi (Rabun dekat, rabun jauh, dan silinder)

2.Pemeriksaan Tekanan Bola Mata

3.Pemeriksaan Katarak

4.Pemeriksaan dengan teknologi Corneal Topography

5.Pemeriksaan Penglihatan Binokuler

6.Test Buta Warna

7.Serta Vio Optical Clinic melayani Terapi Mata Minus atau yang disebut dengan Ortho Keratology untuk anak dan dewasa, dan Low Vision Treatment.

 

Seluruh pemeriksaan dan pelayanan ditangani oleh Dokter Optometri satu-satunya di Indonesia dan Team yang sudah dilatih dan tersertifikasi melalui proses training setara dengan dokter. Pemeriksaan Vio Optical Clinic dijamin akurat dan kami juga menyediakan banyak kebutuhan untuk kesehatan mata seperti Kacamata, Lensa Kontak, Fashion Sun Glasses dan aksesoris lainnya dengan kualitas produk terbaik.

Book appointment sekarang juga di:

021-29475974

089502092881 (WA dan SMS)

081287840643 (WA dan SMS)

Line: @viooptical (use the @)

Ruko Asia Tropis AT 16 no. 51 Kota Harapan Indah Bekasi (samping Transera Karaoke)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *