Eye Strain (Mata Lelah)

Istilah “Eye Strain” atau mata lelah seringkali digunakan oleh orang untuk mendeskripsikan kondisi mata yang buram dan kelelahan selepas aktivitas.

Seperti membaca, bekerja di depan computer, bermain gadget, mengendarai mobil dan lain-lain. Yang perlu diketahui adalah Eye Strain itu merupakan sebuah gejala, bukan penyakit mata. Gejala ini timbul akibat aktivitas anda yang bisa membuat mata lelah. Jika kamu merasa matamu tidak nyaman karena melihat terlalu lama pada sesuatu, kamu bisa menyebutnya Eye Strain.

Walapun mata lelah itu menyebalkan, ini bukan masalah mata yang serius dan bisa hilang hanya dengan istirahat. Dalam beberapa kasus, tanda atau gejala dari mata lelah bisa menjadi pertanda bahwa mata kamu membutuhkan perawatan atau treatment khusus.

Apa yang menyebabkan eye strain? Istilah medis dari Eye Strain atau mata lelah adalah Asthenopia. Gejala mata lelah, pandangan buram, sakit kepala, penglihatan ganda disebabkan penggunaan mata yang sangat terkonsentrasi dari aktivitas visual. Orang yang beraktivitas yang membutuhkan tenaga otot mata yang banyak seperti membaca, menggunakan computer berjam-jam, atau mencoba melihat dalam pencahayaan yang kurang, secara tidak sadar mereka mengepalkan kelopak mata mereka, wajah, pelipis, dan akhirnya menyebabkan ketidaknyamanan atau sakit pada mata mereka karena penggunaan otot mata yang terlalu berlebihan. Hal ini mengakibatkan siklus berbahaya yang menegangkan otot-otot yang berujung membuat mata menjadi tidak nyaman. Sedangkan ada beberapa orang yang melakukan hal yang sama namun tidak mengalami gejala apa-apa.

Faktor umum timbulnya kelelahan pada mata termasuk beraktivitas di depan komputer terlalu lama, berusaha melihat atau membaca di cahaya yang gelap atau redup, atau terkena sinar yang sangat menyilaukan mata. Banyak orang yang kurang berkedip saat melakukan aktivitas yang melibatkan tenaga visual. Kurangnya intensitas kedipan mata seseorang menyebabkan mata kering.

Kelainan refraksi (kebutuhan kacamata untuk jarak jauh dan dekat atau keduanya) dapat menimbulkan gejala Eye Strain atau mata lelah. Ketidakmampuan untuk membuat kedua mata bekerja sama pada pandangan yang binokuler bisa juga menyebabkan mata lelah. Orang-orang yang sudah mengalami sakit kepala sebelumnya atau pandangan kabur karena mata lelah, gejala-gejalanya bisa menjadi lebih parah dengan timbulnya ketidakseimbangan otot mata, kebutuhan kacamata untuk rabun jauh dan rabun dekat atau mata silinder. Menggunakan kacamata dengan resep yang salah dan tidak akurat juga menyebabkan Eye Strain.

Jika mengalami gejala mata lelah, segera cek mata kamu ke dokter!
Vio Optical Clinic menyediakan semua solusi keluhan untuk kesehatan mata kamu. Vio Optical Clinic merupakan Optical Plus yang berlokasi di Harapan Indah Bekasi. Pemeriksaan dan pelayanannya merupakan keunggulan dari optik dan klinik mata lain. Kamu akan dilayani oleh satu-satunya Dokter Optometry lulusan Amerika dan staff yang terlatih khusus dan tersertifikasi.

Pemeriksaan yang dilakukan oleh Vio Optical Clinic merupakan pemeriksaan mata terlengkap. Selain pemeriksaan refrasi, kami melayani pemeriksaan tekanan bola mata, pemeriksaan kornea dan retina, pemeriksaan penglihatan binokuler, test buta warna, pendeteksian dini penyakit yang membahayakan mata seperti katarak, glukoma, diabetes, kolestrol, dan lain sebagainya. Vio juga melayani Terapi Ortho Keratology yang bertujuan untuk menstabilkan dan menurunkan mata minus, serta Low Vision Treatment

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *