Pemeriksaan Mata Anak

Pemeriksaan mata pada anak sangatlah penting. Para ahli mengemukakan 5% – 10% anak balita dan 20% anak sekolah memiliki masalah pada penglihatan mereka. Pendeteksian dini pada penglihatan anak sangat penting karena jika tidak ditangani, beberapa masalah penglihatan pada masa kecil bisa menyebabkan kehilangan penglihatan secara permanen.

Kapankah anak kita harus diperiksa matanya?

Pada saat masih bayi pun harus melakukan pemeriksaan mata memasuki usia 6 bulan. Kemudian anak-anak harus melakukan pemeriksaan mata lanjutan pada usia 3 tahun, sebelum memasuki Taman Kanak-kanak, serta pada tahun pertama di Sekolah Dasar.

Lalu, Vio Optical Clinic merekomendasikan bahwa anak sekolah harus melakukan pemeriksaan mata setidaknya 2 tahun sekali jika tidak ada keluhan dengan penglihatan mereka. Anak-anak yang menggunakan kacamata atau lensa kontak harus diperiksa setiap tahun sesuai dengan anjuran ahli kesehatan atau dokter mata mereka.

Pemeriksaan mata awal juga sangat penting karena anak-anak butuh kemampuan penglihatan dasar sebagai berikut:

  • Rabun dekat
  • Rabun jauh
  •  Penglihatan ganda
  •  Kemampuan pergerakan mata
  •  Kemampuan fokus
  •  Peripheral awareness (kemampuan untuk melihat tindakan atau objek yang tidak berada dalam garis langsung penglihatan orang, namun terjadi pada sisi/ujung pandangan)
  • Kordinasi mata/tangan

Karena begitu pentingnya penglihatan yang baik untuk belajar, beberapa sekolah/akademi pendidikan mengharuskan pemeriksaan mata sebelum memasuki sekolah untuk pertamakalinya.

Menjadwalkan pemeriksaan mata anak anda

Kami, Vio Optical Clinic, bisa menjadi profesional medis yang tersertifikasi untuk menjadi ahli kesehatan mata anak anda dan keluarga. Jika permasalahan pada mata dideteksi selama pemeriksaan fisik rutin, pasti akan ditangani lebih lanjut dan komprehensif. Vio Optical Clinic memiliki satu-satunya Dokter Optometry yang ada di Indonesia yang mempunyai peralatan dan pelatihan khusus untuk membantu mendeteksi dan mendiagnosa permasalahan mata yang berpotensial.

Saat menjadwalkan pemeriksaan mata, aturlah waktu saat anak anda sedang memiliki mood yang bagus. Informasi tentang bagaimana pemeriksaan mata anak tergantung pada usia mereka, tapi pada saat pemeriksaan biasanya akan memberikan histori pemeriksaan, pemeriksaan penglihatan, ketentuan menggunakan kacamata, pemeriksaan kesejajaran mata, pemeriksaan dan konsultasi kesehatan mata.

Setelah anda membuat appointment dengan dokter di Vio Optical Clinic, anda akan dikirimkan resume medis ke email anda untuk informasi mengenai hasil pemeriksaan mata secara keseluruhan. Biasanya dokter juga akan menanyakan mengenai riwayat kesehatan mata anak anda, apakah anak anda memiliki komplikasi saat hamil, mengenai obat-obatan atau alergi yang dialami. Bahkan anda juga harus memberi informasi kepada dokter mata anda misalnya anak anda lahir premature, sering mengucek mata, berkedip berlebihan, memiliki kemampuan melacak mata yang buruk, riwayat medis keluarga anda apakah pernah melakukan operasi dan lain sebagainya.

Ahli kesehatan manakah yang baik untuk kesehatan mata anak anda?

Di Vio Optical Clinic kami menyediakan solusi dan kebutuhan yang sesuai dengan kesehatan mata anak anda seperti Pemeriksaan Kelainan Refraksi, Pemeriksaan Penglihatan Binocular (Penglihatan Ganda), Test Buta Warnam, Pemeriksaan kornea dan retina, serta melayani Terapi Ortho Keratology atau terapi menurunkan dan menstabilkan mata minus pada anak, dan Low Vision Treatment. Anak anda akan ditangani oleh satu-satunya Dokter Optometry di Indonesia yaitu dr. Andri Agus Syah, OD. FPCO. FAAO dan Team yang sudah tersertifikasi dengan pelatihan khusus. Serta alat pemeriksaan canggih dan modern sehingga mengeluarkan prescription yang akurat.

Untuk jadwal pemeriksaan bisa menghubungi kami di:

021-29475974 / 081287840643 / 089502092881 / Line: @viooptical (use the-@)

Alamat Vio optical Clinic ada di Ruko Asia Tropis AT 16 no. 51 Kota Harapan Indah Bekasi.
Our Social Media:

Website www.viooptical.com 
Facebook https://www.facebook.com/viooptical/
Instagram https://www.instagram.com/viooptical/
Youtube http://bit.ly/2A4NyXu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *